Wisata Di Solo? Wajib Kunjungi Kampung Batik Laweyan

Posted By on Jan 16, 2015 | 0 comments


kampung batik laweyan

Berwisata ke Solo, alangkah baiknya anda menyempatkan diri untuk berkunjung ke kampung Laweyan. Apa istimewanya tempat ini? Dan mengapa banyak wisatawan yang datang ke tempat ini?

Kampung Laweyan Pusat Batik Surakarta

Kampung Laweyan ini merupakan kampung sejarah yang identik dengan batik. karena disini sangat banyak pengrajin batik. Karena terkenal dengan batiknya, maka kampung ini terkenal juga dengan sebutan kampung batik laweyan.

Datang ke kampung Laweyan ini, anda akan merasakan aura masa lalu, karena masih banyak bangunan-bangunan kuno yang berdiri kokoh dan dengan tembok-tembok yang tinggi. Menulusi lorong-lorong di kampung ini akan menjadi keasyikan tersendiri.

Ada yang bilang bahwa sejarah batik di Surakarta berasal dari kampung ini, Laweyan. Konon, menurut sejarah batik ini dikenalkan pertama kali semasa kerajaan Pajang yang dipelopori oleh Kyai Ageng Henis pada awal abad ke -16. Sehingga tak heran jika batik Surakarta ini identik dengan batik Laweyan.

Pengrajin batik laweyan saat ini sekitar 60an lebih. Untuk harga batik tulis laweyan tentu sangat variatif bergantung dengan jenis dan motif. Jangan anda bandingkan dengan batik cap yang harganya mulai Rp.50ribuan -200ribuan. Karena batik cap menggunakan teknologi mesin. Sedangkan batik tulis yaitu menggunakan teknik canting dibuat dengan menggunakan malam (lilin) dan melalui proses pewarnaan tertentu.

Karena untuk membuatnya membutuhkan waktu yang terkadang cukup lama, maka tak heran jika harga batik ini orang akan bilang sangat mahal. Namun cobalah anda untuk hitung sendiri, berapa ongkos produksinya bila untuk menghasilkan satu stel bahan batik saja, ibu-ibu di Laweyan sana harus menorehkan malam lewat canthing selama satu hingga dua bulan? Di luar harga bahan, coba tengok upah minimum regional (UMR) Surakarta yang sudah di atas Rp 700 ribu.

Maukah Anda dibayar sesuai UMR dan harus suntuk bergaul dengan malam dan canthing selama itu hanya demi mengenakan batik tulis untuk menghadiri sebuah pesta atau pertemuan bisnis? Tentu tidak kan? Nah saatnya untuk menghargai hasil karya pribumi yang terbukti dihargai oleh dunia internasional.

Nah, jika anda ingin berwisata di Solo, sempatkan untuk mengunjungi kampung batik laweyan dan hargailah hasil karya dan budaya negeri sendiri. Mau berkunjung dan berwisata ke Solo? bisa menggunakan jasa tour and travel kami. Dapatkan layanan dan penawaran terbaik kami.

 

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now
Whatsapp