Ini Asyiknya Jalan-Jalan Di Keraton Surakarta, Mau?

Posted By on Jan 27, 2015 | 0 comments


Keraton Surakarta Hadiningrat

Jalan-jalan di kota Solo kurang lengkap jika tak mengunjungi Keraton Surakarta Hadiningrat atau Keraton Kasunanan. Bangunan yang dibangun mulai tahun 1745 oleh Raja Paku Buwomo ke II ini salah satu bangunan yang eksotis dan di arsiteki oleh pangeran Mangkubumi ( Sultan Hamengkubuwoni I ) yang juga arsitek utama keraton Yogyakarta.

Pesona Keraton Surakarta

Masuk ke dalam keraton pengunjung akan disapa dengan silsilah raja Keraton Kasunanan Surakarta, yang saat ini dipimpin oleh Paku Buwono XIII. Beberapa langkah masuk ke dalam ada maket yang menggambarkan semua wilayah di keraton. Wisatawan akan diarahkan ke museum yang berisi peninggalan barang-barang keraton.

Di dalam istana atau kraton ini terdapat galeri seni yang indah dan menawan dan pusaka – pusaka kerajaan yang tersimpan rapi di sebuah museum. Peninggalan lainnya seperti, alat perang, alat musik, alat masak sampai dengan seragam dan kereta kencana. Di tengah-tengah museum wisatawan akan menjumpai sumur tua, yang airnya bisa diminum langsung dan bisa untuk cuci muka.

Pada halaman keraton bagian timur wisatawan akan menjumpai halaman yang luas dan rindang dan terdapat pohon Sawo. jangan heran jika datang kesini, halaman ini bukan dengan beton atau paving tapi merupakan berpasir, menurut abdi dalem pasir ini dari pasir laut pantai selatan dan juga pasir merapi. Oya, ada peraturan unik disini, wisatawan yang menggunakan sendal jepit harus melepasnya, tetapi jika menggunakan sepatu diperbolekan. Konon, ini sebagai bentuk penghormatan tamu kepada si pemilik rumah.

Selesai mengunjungi Keraton Yogyakarta, wisatawan bisa jalan-jalan santai di alun-alun kidul Surakarta. Dan jika mau mencari oleh-oleh, disekitar kraton banyak pengrajin seperti kerajianan blangkon dan lain sebagainya.

Tiket Masuk Keraton Dan Akses

Tiket masuk keraton Surakarta ini sekitar 10.000,- , sangat murah dan anda bisa mendapatkan pengalaman yang menarik dan pasti wawasan mengenai sejarah Keraton Surakarta pasti bertambah. Jangan lupa, datang ke keraton sebaiknya dengan pakaian yang sopan dan tertutup. Sebaiknya anda menyewa guide dan biasanya dipandu oleh abdi dalem sendiri.

Lokasi keraton Surakarta berada di pusat kota Surakarta. Dari jalan Slamet Riyadi wisatawan akan disambut dengan gapura besar kemudian memutar jalan searah melewati alun-alun utara yang terdapat beringin kembar ditengahnya. Di sisi kiri bisa dilihat ada tembok tinggi bernama Baluwarti, yang dulu berfungsi sebagai benteng keraton. Setelah melewati jalan supit urang di sisi timur, kita akan disambut gerbang utama keraton yang disebut dengan Kori Brajanala Lor, barulah kita akan melihat kemegahan bangunan keraton.

Mau wisata keraton Surakarta? jadikan Kraton Surakarta menjadi paket wisata anda. Kami akan siap menemani perjalanan anda dengan jasa rental mobil Solo yang kami miliki.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now
Whatsapp